Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita

Perkenalan Dengan Masyarakat Intan Jaya Satgas Yonif 509 Kostrad Laksanakan Bakar Batu

102
×

Perkenalan Dengan Masyarakat Intan Jaya Satgas Yonif 509 Kostrad Laksanakan Bakar Batu

Share this article
Example 468x60

Intan Jaya. Wolindonesia.id – Satgas Yonif 509 Kostrad melaksanakan acara Bakar Batu. Bakar batu adalah tradisi yang sudah turun temurun dilakukan masyarakat Pegunungan Papua, seperti yang dilakukan Satgas Yonif 509 Kostrad yang dipimpin lansung Dansatgas Letkol Inf Dian D Setyadi dan Dansatgaster Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan yang turun langsung ke lapangan beserta rekan dari tim media TV yang disambut oleh warga kampung Mamba, Kab. Intan Jaya, pada Rabu (01/05/2024).

Dansatgas Yonif 509/BY Kostrad, Letkol Inf Dian D Setyadi menegaskan bahwa tradisi bakar batu yang digelar Satgas Yonif 509/BY bersama masyarakat di kampung Mamba tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, namun juga sebagai sarana untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Melalui tradisi awal pengalungan Noken yang diwakali dari masyarakat kepada Dansatgas Letkol Inf Dian D Setyadi, Dansatgaster Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan dan perwakilanTim media TV saudara Victor dilanjut program ROSITA (Borong Hasil Tani) yang sudah digelar didepan Pos Mamba. Kegiatan dilanjut bakar batu, dipupuk dengan semangat kebersamaan dan terus berupaya merajut kasih dalam keberagaman di Kabupaten Intan Jaya,jelasnya.

Yohanes Sani, Bapak Kepala suku menyampaikan, “Puji Tuhan, sangat luar biasa satgas Yonif 509 Kostrad dapat menggelar acara tradisi bakar batu, ini yang pertama kali baru di laksanakan oleh Satgas selama ada di Intan Jaya, semoga kita semua dapat terus menjaga persatuan dan kedamaian di tanah Papua,ujarnya.

Beberapa warga dari Kampung Mamba, Kampung Mamba Bawah, Kampung Amesiga, Kampung Sambili berkumpul dan bergotong royong mempersiapkan sarana yang akan digunakan, mulai mengumpulkan batu kali, membuat lubang ditanah dan mempersiapkan bahan yang akan dimasak. Kegiatan berlangsung dalam suasana penuh kegembiraan dan semangat gotong royong dalam mengolah dan memasak daging Babi sebanyak 3 ekor ayam, sayur sayuran, serta umbi-umbian.

Semoga acara Tradisi bakar batu dapat membuat masyarakat lebih akrab dengan satgas Yonif 509 Kostrad dan semoga dapat membantu setiap kesulitan rakyat disekitar.

(Pen Satgas)

Penulis  : Abubakar

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *