Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita

Kembangkan Inovasi, Polsek Mampang Prapatan Masuk 10 Nominasi Dalam Ajang ‘Kompolnas Awards’

23
×

Kembangkan Inovasi, Polsek Mampang Prapatan Masuk 10 Nominasi Dalam Ajang ‘Kompolnas Awards’

Share this article
Example 468x60

Jakarta Selatan.Wolindonesia.id – Polsek Mampang Prapatan Polres Metro Jakarta Selatan masuk dalam nominasi Kompolnas Awards atas inovasi dan pelayanannya kepada publik.

“Polsek Mampang ini adalah 1 di antara 10 polsek nominasi Tipe A yang sudah masuk di Kompolnas, yang sudah diklarifikasi dan kami cek secara langsung,” ujar Komisioner Kompolnas, Mohammad Dawam, kepada wartawan, di Polsek Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2024).

Dawam sendiri mendatangi Polsek Mampang Prapatan siang tadi. Kedatangannya untuk melakukan penilaian terhadap Polsek Mampang Prapatan yang masuk dalam 10 besar nominasi Polsek terbaik.

“Jadi kami Kompolnas punya fungsi pengawasan dalam rangka pemantauan Polsek, Polres dan Polda. Pemantauan kami di Polsek Mampang dalam rangka penilaian pada tahun ini menjelang event Kompolnas Award. Penghargaan Kompolnas kepada Polsek, Polres dan Polda dan Satker di Mabes Polri yang menangani pelayanan publik yang berdampak kepada masyarakat luas,” kata Dawam.

Polsek Mampang Prapatan diusulkan oleh Polres Metro Jakarta Selatan sebagai salah satu Polsek yang memiliki inovasi dan terobosan dalam pelayanan kepada masyarakat. Ada beberapa poin yang dinilai oleh Kompolnas terkait program-program di Polsek Mampang Prapatan ini.

“Inovasi-inovasi Polsek kami tampung, kami klarifikasi, bener nggak datanya kita cek ke lapangan. Saya menitipkan inovasi berdampak ini tidak hanya tahun ini, tapi yang sifatnya berkelanjutan. Sehingga nanti siapapun Kapolseknya nanti tetap bisa meneruskan inovasi-inovasi dan mudah-mudahan lebih baik,” Tuturnya.

Selain berkelanjutan, Kompolnas juga menilai apakah inovasi tersebut memiliki akuntabilitas. Diharapkan, inovasi tersebut keluar dari aspirasi masyarakat sehingga output-nya pun dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Di samping itu secara akuntabilitas masalah inovasi ini juga mengandung makna anggaran inovasi ini bersumber dari anggaran mana, itu jadi bagian penting penilaian kami. Dan alhamdulillah kami sudah dapatkan masukan dan hari ini dihadiri langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan,” Katanya.

Dalam kegiatan pemantauan tersebut, Dawam juga mengecek langsung pelayanan SPKT hingga ruang tahanan di Polsek Mampang Prapatan. Apa kesimpulan hasil penilaiannya, akan dibahas oleh dewa juri nanti.

“Kesimpulan atas penilaiannya akan kami rapatkan secara khusus oleh tim juri, saya salah satunya tim juri,” Ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal menyampaikan sejumlah inovasi yang dilakukan Polsek Mampang Prapatan, salah satunya dalam rangka pencegahan kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

“Mulai dari pembagian gembok gratis kepada warga masyarakat di beberapa tempat yang sering terjadi kejadian Curanmornya menonjol, untuk mengurangi tindak pidana kejadian Curanmor tersebut. Ini merupakan inovasi karena dapat mengurangi tindak kejahatan seperti Curanmor,” kata Ade Idnal.

Ade Idnal juga menyinggung bahwa Polsek Mampang Prapatan juga meraih penghargaan sebagai Polsek terbaik se-Jakarta dari Pangdam Jaya.

“Berkat pengorbanan waktu dan berbagai hal, Polsek Mampang dapat melaksanakan tugas dengan baik walaupun dengan jumlah keterbatasan anggota yang ada,” Imbuhnya.

PenulisĀ  : Abubakar

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *