Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita

Satgas Yonif 509 Kostrad Rutin Laksanakan Rosita: Kurangi Beban Pedagang Dan Bantu Kebutuhan Prajurit

23
×

Satgas Yonif 509 Kostrad Rutin Laksanakan Rosita: Kurangi Beban Pedagang Dan Bantu Kebutuhan Prajurit

Share this article
Example 468x60

Intan Jaya, Papua. Wolindonesia.id  – Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan prajurit, Satgas Yonif 509 Kostrad secara rutin melaksanakan program Rosita (Borong Hasil Tani) di setiap hari pasar. Program ini dirancang untuk meringankan beban pedagang dan petani dengan membeli hasil tani mereka bahkan sebelum sampai ke pasar, sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari para prajurit. Selasa (25/06/2024)

Pasiter Satgas Yonif 509 Kostrad, Letda Chk Irawan Suharto, menjelaskan bahwa Rosita adalah salah satu inisiatif strategis untuk mendukung ekonomi lokal sambil memastikan pasokan bahan makanan yang berkualitas bagi para prajurit. “Program Rosita memungkinkan kami membantu para petani dan pedagang lokal dengan membeli hasil tani mereka secara langsung. Ini tidak hanya mengurangi beban mereka, tetapi juga memastikan bahwa prajurit kami mendapatkan bahan pangan segar dan bergizi,” ujar Letda Suharto.

Setiap harinya, anggota Satgas Yonif 509 Kostrad bergerak ke desa-desa di sekitar Intan Jaya untuk membeli hasil tani seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan umbi-umbian langsung dari petani. Hasil tani yang dibeli ini kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan prajurit di pos-pos Satgas, serta didistribusikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

Program ini mendapat respon positif dari masyarakat lokal. Bapak Yohan, seorang petani dari Hitarip, menyatakan rasa syukurnya. “Dengan adanya program Rosita, kami tidak perlu repot-repot membawa hasil tani ke pasar dan menunggu pembeli. Hasil tani kami dibeli dengan harga yang layak, sehingga kami bisa lebih fokus pada kegiatan bercocok tanam,” kata Yohan.

Selain itu, program Rosita juga membawa manfaat bagi para prajurit. Dengan mendapatkan bahan pangan segar secara langsung dari petani, para prajurit dapat menikmati makanan yang lebih sehat dan bergizi, yang tentunya mendukung kondisi fisik dan mental mereka dalam menjalankan tugas.

Program ini juga mempererat hubungan antara Satgas Yonif 509 Kostrad dan warga setempat. Interaksi yang terjalin setiap hari pasar menciptakan rasa saling percaya dan memperkuat kerjasama antara prajurit dan masyarakat.

(Pen Satgas)

Penulis  : Abubakar

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *