Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita

Animo Tinggi Mudik Pakai Pesawat Polres Bandara Soetta Siapkan 4 Posko Pelayanan

13
×

Animo Tinggi Mudik Pakai Pesawat Polres Bandara Soetta Siapkan 4 Posko Pelayanan

Share this article
Example 468x60

Tangerang. Wolindonesia.id – Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat ratusan ribu orang mudik menggunakan pesawat terbang dari H-5 Lebaran 2024 atau Jumat (5/4), hingga hari ini Minggu (7/4).

Kapolresta Kombes Pol Roberto Pasaribu mengatakan, berdasarkan data dari Angkasa Pura 2 peningkatan arus mudik dimulai sejak Jumat (5/4) totalnya mencapai 179.353 pax, atau naik 34 persen dari tahun 2023.

Sedangkan pada hari Sabtu (6/4) berjumlah 184.230 pax, kemudian Minggu (7/4) berjumlah 169.661 pax (penumpang). Menurut dia, hal itu dapat bertambah dengan adanya penambahan extra flight.

Roberto menambahkan, berdasarkan data peningkatan dari tahun lalu rata-rata mencapai 8,5 persen untuk jumlah penumpang pada tahun 2024.

“Dari dimulainya operasi Ketupat Jaya pada tanggal 3 hingga hari ini tanggal 7, animo para pemudik masih tinggi,” ujar Roberto kepada wartawan di Bandara Soetta, Minggu (7/4).

Menurut Roberto, sebelum terjadinya peningkatan arus mudik pihaknya telah menyiapkan posko pelayanan dari Kepolisian seperti posko pengaman, posko pelayanan informasi dan kesehatan, hingga posko terpadu.
Terbaru pihaknya bekerjasama dengan Otban Wilayah I Bandara Soetta dan Angkasa Pura II menghadirkan layanan “Pos Ramah Ibu Anak Ramadhan Presisi 2024”, yakni corner di ruang tunggu boarding pesawat pada Terminal 1, 2 dan 3 yang khusus diperuntukkan untuk anak dan ibu.

Pos tersebut berisi tempat permainan dengan sarana melukis, menyusun mainan bongkar pasang (lego), dan juga disiapkan hiburan badut berupa Polisi sahabat anak serta makanan ringan.

“Termasuk makanan untuk berbuka puasa bagi anak-anak serta ibu yang sembari menunggu jadwal masuk ke dalam pesawat,” beber Roberto di sela-sela meninjau pos tersebut.

Selain itu lanjut Roberto, pihaknya juga mensiagakan SPKT Mobile, yakni unit mobil bergerak yang bertugas sebagai Sentara Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).
Hal tersebut disiapkan untuk meningkatkan pelayanan Kepolisian Bandara Soetta, yang langsung hadir di tengah-tengah masyarakat tanpa harus datang ke kantor Polisi.

Layanan SPKT mobile tersebut diawaki langsung oleh petugas Kepolisian dengan menggunakan fasilitas kendaraan roda empat (mobil), agar mudah untuk pindah ke lokasi-lokasi pelayanan.

SPKT mobile tersebut melayani pembuatan laporan surat kehilangan dokumen, layanan pengecekan kesehatan, pengaduan dan konsultasi tindak pidana, kemudian pemberitahuan masa berlaku dan perpanjangan SKCK.

“Layanan Kepolisian ini kita fokuskan untuk membantu masyarakat yang akan mudik Ramadhan, sehingga kenyamanan di Bandara Soetta akan memberikan keceriaan dan makna yang baru dalam mudik tahun ini.” tandas Roberto.

Penulis  : Abubakar

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *