Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita

Aparat Gabungan Halau Serangan Bersenjata OPM di Pogapa Homeyo Papua

16
×

Aparat Gabungan Halau Serangan Bersenjata OPM di Pogapa Homeyo Papua

Share this article
Example 468x60

Timika. Wolindonesia.id – Pasca beberapa kali aksi serangan yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) kelompok Afrianus Bagubau dan Keny Tipagau di wilayah Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, mereka kembali berusaha menyerang Aparat Keamanan (Apkam) Gabungan pada hari Sabtu (11/5/2024) sekira pukul 04.30 WIT dini hari, di sekitar Area Ujung Timur Bandara Pogapa.

Apkam Gabungan yang berjaga-jaga di wilayah Distrik Homeyo, terus melancarkan langkah-langkah proaktif mengamankan wilayah setempat dari gangguan OPM. Salah satu diantaranya melalui patroli di setiap jengkal tanah Homeyo. Kegiatan patroli yang secara aktif dilakukan oleh Apkam Gabungan, mendatangkan keberhasilan pada hari Sabtu dini hari tadi.

Apkam Gabungan tersebut melibatkan satuan jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA dan Satgas NANGGALA KOPASSUS. Sebelum kontak berlangsung, pasukan Apkam Gabungan yang berada di Area Ujung Timur Bandara Pogapa tengah melakukan pengecekan wilayah. Saat patroli dijalankan, Apkam Gabungan menemukan indikasi keberadaan OPM di sekitar daerah patroli dan melakukan pengejaran yang diikuti dengan kontak tembak.

Di akhir tahap pengejaran, berhasil ditemukan berupa Anak Panah dan Busur, senter, beberapa foto OPM, tempat perlindungan tidak permanen yang dibangun OPM beserta Pos Tinjau OPM yang digunakan untuk mengintai kondisi wilayah Homeyo dan sekitarnya.

Panglima KOGABWILHAN III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, pasca menerima laporan keberhasilan tugas patroli mengatakan bahwa patroli di Distrik Homeyo merupakan langkah proaktif Apkam Gabungan untuk mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua.

PenulisĀ  : Abubakar

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *